Jenis Cedera Lutut yang Kerap Terjadi dan Harus Diwaspadai

Share:

 

Cedera Lutut

Lutut merupakan salah satu bagian yang memiliki pengaruh besar ketika seseorang melakukan gerakan. Dengan lutut yang sehat, tentu Anda bisa menggerakkan kaki tanpa adanya hambatan dan masalah. Namun, dikarenakan menjadi tumpuan gerakan, cedera lutut menjadi sesuatu yang cukup sering terjadi dan harus diwaspadai, terutama untuk Anda yang memiliki aktivitas berat.


Perlu diketahui bahwa cedera lutut bisa terjadi dikarenakan beberapa hal seperti aktivitas fisik yang cukup berat seperti olahraga, karena terjatuh atau adanya benturan yang cukup keras. Pembengkakan lutut, rasa nyeri yang muncul ataupun lutut yang tidak stabil adalah gejala umum yang seringkali terjadi.


Berbincang tentang cedera lutut, ada beberapa jenis cedera yang kerap terjadi dan perlu diwaspadai. Beberapa jenis cedera lutut yang dimaksud adalah: 


1. Terkilir

Terkilir merupakan salah satu jenis cedera lutut yang paling sering terjadi. Bagian yang terkilir umumya adalah jaringan ikat lutut atau ligamen.


Jaringan ikat sendiri merupakan jaringan yang bersifat lentur dan fleksibel dengan fungsi untuk menghubungkan tulang yang satu dengan lainnya serta menentukan lingkung ruang gerak sendiri. Nah, terkilir bisa terjadi ketika salah mendarat saat melompat atau lainnya yang ditandai dengan rasa nyeri saat berjalan dan bengkak.


2. Meniskus

Meniskus merupakan bantalan sendi yang memiliki bentuk seperti huruf C. Fungsi dari bantalan ini adalah untuk menjaga kestabilan struktur tulang dan menghindari gesekan antara tulang paha dan tulang kering.


Nah, cedera robekan meniskus cukup umum terjadi. Jenis cedera lutut ini ditandai dengan lutut yang menjadi kaku dan terkunci.


3. Overuse

Overuse merupakan masalah cedera lutut yang terjadi karena lutut yang sering digunakan. Umumnya, jenis cedera lutut ini terjadi pada seseorang yang sering melakukan olahraga lari atau bersepeda. Nah, overuse ditandai dengan rasa nyeri yang muncul terutama di bagian belakang lutut.


Ketiga poin di atas adalah ragam cedera lutut yang cukup sering terjadi. Tentu, masih ada beberapa cedera lutut yang mengancam kondisi lutut, termasuk ACL. Cedera ini perlu diwaspadai. Bukan hanya rasa sakit yang begitu menusuk, tetapi juga harga operasi ACL yang cukup tinggi.