Perbedaan Kasir Pintar Dengan Sistem POS dan Kasir Konvensional

Share:

 

Kasir Pintar

Hal yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis khususnya toko, restoran dan retail di Indonesia adalah sistem manajemen penjualan, baik itu kasir tradisional maupun sistem point of sale pada kasir pintar yang disingkat POS system. Sebagai pemilik bisnis, Anda memerlukan salah satu dari dua aplikasi bisnis untuk pemrosesan transaksi, penjualan, dan manajemen pelanggan. 


Saat toko Anda buka, mesin kasir atau mesin POS lebih dari sekadar tempat yang aman untuk menyimpan uang tunai. Keduanya dapat membantu menghemat uang, memproses transaksi pelanggan, dan menyimpan catatan yang akurat. Lalu apa perbedaan mesin kasir dan mesin POS? Perlukah mengganti mesin kasir konvensional dengan mesin POS?


Apa itu Mesin Kasir dan Point Of Sales (POS)?

1. Mesin Kasir

Mesin kasir adalah suatu alat elektronik non komputer yang fungsi utamanya adalah mencatat penjualan dan menagih uang tunai. Ketika pertama kali ditemukan pada tahun 1879, mesin kasir dimaksudkan untuk mencatat komponen pajak penjualan.


 Mesin ini sebenarnya adalah operasi manual. Karyawan memasukkan data secara bergantian untuk setiap transaksi saat checkout. Ketika tombol "total" ditekan, laci terbuka dan bunyi bip berbunyi untuk memberi tahu handler tentang transaksi saat ini. Saat itu, kasir belum mencetak tanda terima untuk konsumen. 


Dan pada tahun 1970 untuk pertama kalinya dipasang sistem kasir sederhana yang baru berupa printer struk, barcode scanner, laci kas dan tombol NS (No Sale). Manajemen penjualan di zaman sekarang ini telah benar-benar berubah karena Anda sekarang dapat mengunduh aplikasi penjualan gratis dari web dan perangkat seluler yang merevolusi kehidupan dan bisnis orang.


2. Point Of Sale (POS)

Sistem point of sale (POS) adalah sistem komputerisasi yang menggunakan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain mencatat penjualan. Pengenalan sistem point of sale (POS) memberikan proses manajemen penjualan yang mudah dengan banyak fitur canggih dan komprehensif. 


Sistem Point of Sale (POS) pada fitur Olsera di Indonesia biasa digunakan di perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang untuk mendukung operasional bisnis mereka. Bisnis besar membutuhkan pengendalian persediaan yang cepat dan akurat yang hanya dapat dilakukan dengan satu sistem, tidak secara manual. 


Selain itu, perusahaan besar juga membutuhkan kemampuan untuk mencetak kwitansi dan nota dalam berbagai ukuran, tanpa harus selalu menggunakan faktur kecil. Dengan menggunakan aplikasi POS, kebutuhan laporan hutang piutang dalam hitungan hari atau bahkan bulan, dapat dengan mudah disediakan oleh sistem


Aplikasi Olsera POS

Olsera POS kini terintegrasi dengan Jurnal. Dapatkan tambahan laporan lengkap mulai dari Sales Details, Best Sellers, CRM, Loyalty, Inventory, Komisi, Account Payable, Taxes, hingga Profit & Loss. Penggunaan sistem point of sale (POS) tergantung pada bisnis Anda. 


Namun, jika Anda ingin bisnis Anda dikelola dengan hati-hati dalam hal transaksi, manajemen produk, karyawan, akuntansi dan sistem akuntansi lainnya maka sistem ini adalah pilihan yang tepat. Mengintegrasikan software akuntansi online dengan software POS dari Olsera berarti Anda tidak perlu khawatir untuk menyesuaikan data POS dengan software jurnal akuntansi Anda. 


Kelola keuangan Anda dengan perangkat lunak dan sistem pelaporan keuangan terkini dari Olsera POS. Informasi lebih lengkap tentang Olsera bisa mengunjungi website resminya dan daftar sekarang di Olsera.com!